MTS NEGERI 5 KEBUMEN
Madrasah Hebat Bermartabat
Cerdas Dalam Ibadah-Bijak Dalam Berfikir-Terampil Dalam Bertindak



[email protected]     (0287) 6601167     RSS

GANDENG KORAMIL , MTs NEGERI 5 KEBUMEN ADAKAN SOSIALISASI WAWASAN KEBANGSAAN


Kebumen – Sabtu  (16/12) MTs  Negeri 5 Kebumen adakan sosialisasi wawasan kebangsaan dalam rangka menanamkan rasa patriotisme. Sosisalisasi disampaikan oleh Danramil Klirong Kapten Inf. Muhtafin Soleh diikuti seluruh peserta didik MTs Negeri 5 Kebumen, bertempat di halaman madrasah setempat.

Pasca pelaksanaan assesmen sumatif akhir semester, madrasah adakan kegiatan antara lain sosisalisasi kesehatan reproduksi remaja kerjasama dengan puskesmas Klirong Sabtu (9/12), classmeeting (11/12– 15/12), dan sosialisasi wawasan kebangsaan kerjasama dengan Koramil Klirong.

Waka Kesiswaan Supami menyampaikan bahwa berbagai kegiatan tersebut untuk mengisi kegiatan setelah berakhirnya assesmen sumatif akhir semester ( ASAS)  bertujuan agar peserta didik mempunyai kegiatan positif dan terarah.

“Ikuti kegiatan ini dengan baik dan maksimal,” tegas Supami.

Sebelum sosialisasi oleh Danramil Klirong Kapten Inf. Muhtafin Soleh, Babinsa Klirong Peltu Bambang PH menyiapkan peserta didik untuk tertib selama kegiatan berlangsung. Danramil Klirong Kapten Inf. Muhtafin Soleh dalam sosialisasinya menyampaikan materi wawasan kebangsaan kepada peserta didik MTs Negeri 5 Kebumen untuk selalu mengingat perjuangan dan memupuk rasa patriotisme agar selalu mencintai tanah air serta menjaga persatuan. Dengan berlatar belakang negara Indonesia yang terdiri dari beribu pulau namun dapat bersatu menjadi negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). Danramil menambahkan agar peserta didik selalu patuh dan taat kepada guru dan orang tua serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Hormati dan dengarkan apa yang disampaikan bapak ibu gurumu di madrasah,” tambah Muhtafin.

Peserta didik mengikuti sosialisasi dengan antusias. Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan membaca sholawat Jibril bersama.

Sebelum kegiatan hari ini, telah diadakan sosialisasi kesehatan Sabtu (9/12) dari puskesmas Klirong tentang Kesehatan reproduksi remaja yang disampaikan oleh Dinar Kuntari, S.Gz. dan Maunah, A. Md. Keb. Sosialisasi Kesehatan diikuti oleh peserta didik putri kelas VII, VIII, dan IX serta didampingi wali kelas masing - masing.

Materi sosialisasi memaparkan tentang anemia dan kesehatan reproduksi remaja. Dinar menegaskan pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan tablet tambah darah untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian serta pencegahan terhadap anemia.

“Hasil prestasi belajar peserta didik dapat menurun karena anemia, “ tambah Dinar.

Kesehatan reproduksi remaja disampaikan oleh Maunah mengenai perlunya remaja putri menjaga kebersihan reproduksi apalagi mereka berada di usia transisi dari anak ke remaja, selain itu ditekankan pula untuk menjauhi pergaulan bebas karena dapat menularkan Penyakit Menular Seksual (PMS).

Menanggapi sosialisasi kesehatan remaja Siti Miftachul Hidayati mengapresiasi dan mengingatkan peserta didik putri akan pentingnya menjaga kesehatan diri khususnya kesehatan organ reproduksi. Siti Miftachul Hidayati menambahkan agar peserta didik putri jangan sampai terperangkap pergaulan bebas karena dapat menimbulkan Penyakit Menular Seksual (PMS).

Disusul kegiatan berikutnya, yaitu classmeeting yang dilaksanakan hari Senin (11/12) sampai Jumat (15/12) berupa kegiatan perlombaan antarkelas yang diikuti peserta didik kelas VII, VIII, dan IX. Ketua panitia  Siti Miftachul Hidayati menyampaikan tujuan diadakannya classmeeting adalah sebagai ajang  mengembangkan bakat dan minat peserta didik serta menumbuhkan rasa kekeluargaan antar peserta didik di kelasnya.

Classmeeting tahun ini diawali dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan perlombaan Futsal dan Kaligrafi. Pada hari kedua dan ketiga pertandingan Futsal, Adzan, Karaoke, dan lomba mapel IPA, IPS, Matematika, serta Tahfid. Hari berikutnya lomba Kebersihan Kelas dan hari terakhir kegiatan classmeeting adalah final lomba Voli dan Futsal”, ungkap Siti Miftachul Hidayati.

Rangkaian kegiatan pasca assesmen sumatif akhir semester berjalan sukses.

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 5 KEBUMEN