MTS NEGERI 5 KEBUMEN
Madrasah Hebat Bermartabat
Cerdas Dalam Ibadah-Bijak Dalam Berfikir-Terampil Dalam Bertindak



[email protected]     (0287) 6601167     RSS

Laksanakan Asesmen Bakat Minat, Siswa MTs Negeri 5 Kebumen Antusias Ikuti ABM


Kebumen - Senin (26/02/2024) siswa kelas IX MTs Negeri 5 Kebumen mengikuti Asesmen Bakat Minat (ABM) dengan antusias. ABM dilaksanakan di laboratorium komputer madrasah setempat, dengan moda online dan mandiri.

Dikutip dari juknis ABM tahun 2024 di laman kemdikbud.go.id, ABM bertujuan untuk memberikan informasi mengenai potensi siswa pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. ABM diharapkan dapat menempatkan siswa pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. 

Aspek yang diukur dalam Asesmen Bakat terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta Asesmen Minat.

Meskipun keikutsertaan ABM tidak wajib bagi satuan pendidikan, namun MTs Negeri 5 Kebumen tetap melaksanakan ABM dengan penuh semangat.

Menurut Kepala madrasah, H. Imam Pratomo, ABM merupakan langkah penting dalam pengembangan potensi dan minat siswa. Selain itu ABM juga dapat menjadi bahan masukan madrasah dalam mengembangkan program pembinaan bakat dan minat siswa.

"ABM ini dapat membantu siswa dalam menentukan pilihan jurusan di jenjang pendidikan selanjutnya," ujarnya.

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 5 KEBUMEN