MTS NEGERI 5 KEBUMEN
Madrasah Hebat Bermartabat
Cerdas Dalam Ibadah-Bijak Dalam Berfikir-Terampil Dalam Bertindak



[email protected]     (0287) 6601167     RSS

MTs Negeri 5 Kebumen Melaksanakan Kegiatan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI)


Kebumen-Senin,(4/9/23) Dalam rangka mendukung program pemerintah MTs Negeri 5 Kebumen melaksanakan kegiatan AKMI yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 304. AKMI yang diadakan oleh Kementerian Agama wajib diikuti oleh semua peserta didik kelas VIII. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kelas VIII dan di laboratorium computer.

Pelaksanaan AKMI dimulai tanggal 5 September sampai 6 September 2023. Masing-masing periode terbagi 2 sesi. Jadwal AKMI terdiri dari Literasi Membaca dan literasi numerasi pada hari pertama dan literasi sains, literasi social budaya dan lterasi profil keunggulan pada hari kedua.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah penilaian kompetensi mendasar yang dilakukan oleh seluruh peserta didik madrasah di Indonesia. AKMI bertujuan untuk mengukur pengembangan kapasitas diri dan tenaga pendidik di madrasah serta mengevaluasi system dan mutu Pendidikan di lingkungan madrasah dengan menggunakan instrument assesmen kompetensi peserta didik dalam literasi membaca, literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya.

Kepala Madrasah (Kamad) Imam Pratomo menjelaskan, AKMI bertujuan untuk pemetaan mutu pendidikan dan mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.

“AKMI digelar sebagai upaya memotret kemampuan literasi siswa madrasah. Karenanya, AKMI menjadi kegiatan penting dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran siswa MTs Negeri 5 Kebumen” jelas Imam.(pic)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 5 KEBUMEN