Dalam pembelajaran sehari-hari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Kebumen memang telah memanfaatkan website elearning madrasah yang dimulai pada masa pembelajaran dari rumah karena Covid. Hal ini merupakan salah satu upaya madrasah dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk kegiatan belajar mengajar maupun evaluasi bagi peserta didik di madrasah. Selain untuk proses pembelajaran daring/online harian yang sudah berjalan selama satu tahun, elearning madrasah ini digunakan pula untuk penilaian yang di dalam fasilitas elearning menggunakan istilah Computer Based Test (CBT). Melalui fasilitas CBT ini  para guru dapat melaksanakan tes/evaluasi/penilaian harian maupun Penilaian Akhir Semester/Tahun secara daring/online. Seluruh guru mata pelajaran MTs. Negeri 5 Kebumen untuk kelas VII dan VIII menyusun soal, menginput soal, serta mengaksesnya sehingga peserta didik dapat mengerjakan soal-soal tersebut dari rumah masing-masing melalui laman https://elearning.mtsn5kebumen.sch.id dengan menggunakan gawai/gadget para peserta didik dengan cara memasukkan token mata pelajaran yang telah dikirim oleh guru masing-masing. Proses pelaksanaan PAT tersebut diawasi oleh guru mata pelajaran berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya oleh panitia pelaksana PAT.  Setelah pelaksanaan PAT, secara otomatis pula hasil dari CBT PAT terinput ke dalam sistem penilaian atau terintegrasi dalam sistem elearning madrasah. Hasil CBT PAT dapat langsung diketahui baik oleh guru maupun peserta didik sebagai peserta PAT. Bahkan analisis butir soal pun dapat didownlod sebagai arsip/data analisis soal bagi bapak ibu guru.
Berdasarkan data dari panitia pelaksanaan PAT tahun pelajaran 2020/2021, hari pertama pelaksanaan Rabu, 2 Juni, para peserta didik MTs. Negeri 5 Kebumen yang aktif mengikuti lebih dari 95?ri total peserta didik kelas VII dan VIII yang berjumlah 637 peserta didik dan hanya 40 peserta didik yang belum bisa mengikuti secara daring/online karena alasan tertentu. Pada hari kedua yang belum ikut sebanyak 27 peserta didik. Dari  pihak madrasah tetap akan melayani seluruh kebutuhan peserta didik dalam pelaksanaan PAT tersebut guna mempermudah persyaratan kenaikan kelas.
Diharapkan dalam Penilaian Akhir Tahun (PAT) ini, satuan pendidikan dapat menganalisis dan menafsirkan data hasil pengukuran capaian kompetensi peserta didik selama satu tahun, sehingga informasi atau data tersebut dapat bermakna untuk proses selanjutnya yakni penentuan kenaikan kelas. Selain itu, pelaksanaan PAT secara daring/online ini dipilih agar  peserta didik terhindar dari risiko Covid-19, sekaligus menjadi salah satu usaha madrasah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.