MTS NEGERI 5 KEBUMEN
Madrasah Hebat Bermartabat
Cerdas Dalam Ibadah-Bijak Dalam Berfikir-Terampil Dalam Bertindak



[email protected]     (0287) 6601167     RSS

Tebarkan Empati, MTs Negeri 5 Kebumen Gelar Doa Bersama


Kebumen - Jumat (10/11) MTs Negeri 5 Kebumen adakan gelar “doa bersama” sebagai bentuk empati kepada saudara kita di Palestina dalam moment peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara diikuti seluruh guru dan karyawan serta peserta didik kelas VII, VIII, dan IX. Acara berlangsung di halaman madrasah setelah Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023.

Waka Humas, Fuad Hasim menyampaikan hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW dan memimpin gelar doa yang dilaksanakan usai upacara. Beliau menyampaikan, kita sebagai generasi muda hendaknya meneladan sifat - sifat Nabi Muhammad SAW diantaranya rajin, disiplin, bekerja keras dan inovatif. Beliau juga menyampaikan jika Nabi Muhammad SAW selalu berpuasa setiap hari Senin untuk memperingati hari kelahirannya.

“Mari kita berinfak untuk maulid nabi maka akan bersama Nabi Muhammad SAW,” ajak Fuad.

Rangkaian doa diiringi sholawat Ashghil dan Tibbil Qulub adalah bentuk empati dan rasa kemanusiaan serta solidaritas untuk bangsa Indonesia dan saudara muslim di Palestina. Acara diselingi pembacaan puisi berantai penuh makna dan lagu islami yang memukau. 

Rangkaian doa dan sholawat bersamaan dengan  peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu peringatan Hari Pahlawan Nasional. Tanggal 10 November merupakan Moment istimewa bangsa Indonesia yaitu perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan pada peristiwa Pertempuran Surabaya. Tasiran sebagai pembina upacara mewakili kepala madrasah membacakan amanat Menteri Sosial. Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun ini bertemakan “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.” 

Dalam amanatnya beliau menambahkan, “Kita sebagai generasi muda penerus bangsa hendaknya belajar agar dapat memerangi kebodohan,” tegasnya.

“Dengan demikian dapat memberantas kemiskinan karena generasi muda sudah berbekal dengan ilmu,” tambah Tasiran.

Semua dewan guru dan karyawan memakai seragam batik lengan panjang bagi laki-laki dan berpeci hitam sesuai edaran kemenag, sedangkan perempuan menyesuaikan. 

Harapan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa empati dan memiliki jiwa sosial serta  solidaritas tinggi terhadap sesama. 

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 5 KEBUMEN